Standar Pelayanan di UPTD Puskesmas Teluk Singkawang
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Pengguna layanan (pasien) datang dengan membawa : Kartu identitas : KTP atau KKKartu Berobat Pasien (pasien lama)Kartu Jaminan Kesehatan (bagi yang memiliki)
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Pasien BaruPasien datangPasien mengambil nomor antrianPasien melakukan pendaftaran melalui petugas di bagian pendaftaran dengan menunjukkan kartu identitas dan kartu jaminan (jika ada) Pasien mendaftar di pendaftaran dan memilih poli yang ditujuPasien menunggu panggilan poli Pasien LamaPasien datangPasien melakukan pendaftaran melalui anjungan pendaftaran mandiri sesuai poli yang akan ditujuPasien mendapatkan nomor antrianPasien menunggu panggilan poli
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Pasien Baru :10 menit Pasien Lama:10 menit
4
Biaya/tarif
Pasien Umum : tidak dipungut biayaBagi pasien pemegang jaminan kesehatan, biaya ditanggung penjamin (kecuali retribusi untuk pelayanan KIR dokter, tes buta warna, dan caten)
5.
Jam Pelayanan Pendaftaran
Senin – Kamis : 07.30 – 12.00 WIB Jumat : 07.30 – 11.30 WIB Sabtu : 07.30 – 12.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
2. Standar Pelayanan Humas / Pengaduan
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Adanya pengaduan pelayanan melalui surat, kotak saran, telepon, email, SMS Center, Fb dan Instagram
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Petugas membuka kotak saran sekali sebulanPetugas membuka telepon dan sms hotline setiap hariPetugas mencatat data pelaporan (nama, alamat dan nomor telepon jika ada) dan isi keluhan atau umpan balik pada buku registerPetugas melaporkan keluhan atau umpan balik kepada Tim Keluhan Pelanggan serta unit terkaitSemua jawaban yang telah disampaikan melalui SMS hotline, telepon, atau papan informasi dicatat di dalam buku registerKeluhan/aduan yang sudah ditindaklanjuti dipublikasikan pada papan pengumuman setiap 1 bulan sekali
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Maksimal pengaduan
1
bulan
tergantung
berat/ringan
4
Biaya/tarif
Tidak Dikenakan Biaya
5
Jam Pelayanan
SMS, Email da Sosial Media : 24 jamTelepon dan Surat/kotak saran : Sesuai Jam Kerja
3. Standar Pelayanan Ruangan Umum
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Tersedianya Rekam Medis Pasien
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas menentukan diagnosisPetugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus, maksimal 15 menit
4
Biaya/tariff
Tidak Dikenakan Biaya
5
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 13.30 WIB Jumat : 08.00 – 10.00 WIB Sabtu : 08.00 – 12.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
4. Standar Pelayanan ruang KIA
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Tersedianya Rekam Medis Pasien Buku KIA/KMS Lembar ANC terpadu
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus, maksimal 30 menit
4
Biaya/tarif
Tidak Dikenakan Biaya
5
Produk Pelayanan
Pelayanan KIA, KB, Imunisasi dan Kesehatan Reproduksi, Pelayanan caten
6
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
5. Standar Pelayanan Poli Gigi
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Tersedia Rekam Medis Pasien Rujukan Internal
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Petugas memanggil pasien sesuai nomor urutPetugas memastikan identitas pasien sesuai dengan rekam medikPetugas melakukan anamnesis dan pengukuran tekanan darahPetugas melakukan pemeriksaan sesuai keluhan pasienPemeriksaan odotogram, riwayat penyakit dan kroscek identitas untuk pasien baru, untuk pasien lama dilanjutkan pemeriksaan sesuai keluhanPetugas menentukan diagnose penyakitPetugas menentukan terapi/tindak lanjut yang sesuaiPetugas melakukan tindakan jika memang diperlukan, atau pemberian resep untuk pasien premedikasi
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus
4
Biaya/tarif
Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN : tidak di pungut biaya
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
6. Standar Pelayanan Laboratorium
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Surat permintaan pemeriksaan laboratorium
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Pasien datangPasien menyerahkan surat permintaan pemeriksaan laboratoriumPetugas mencatat data pemeriksaan pasien di buku registerPasien dipanggil sesuai nomor urutPetugas melakukan pengambilan sampel dan penerimaan sampelPasien menunggu hasil pemeriksaan, untuk pasien tanpa jaminan diminta untuk melakukan pembayaran di kasir terlebih dahuluProses pemeriksaan laboratoriumPenyerahan hasil kepada pasien untuk konsultasi ke yang merujuk
Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN : tidak di pungut biaya
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
7. Standar Pelayanan Farmasi
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Resep dari poli
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Pasien menaruh resep di FarmasiPasien menunggu sampai dipanggil sesuai urutan kedatanganPetugas mengambil resep untuk dberi nomer urutPetugas melakukan screening resepPeracikan obatPenyerahan obat sesuai nomor urut disertai pemberian informasi atau konseling kepada pasien
3
Jangka Waktu Penyelesaian (Bukan waktu tunggu dari pasien menyerahkan resep)
Penyiapan Resep racikan : 10 menit per 1 lembar resepPenyiapan Resep non racikan : 5 – 10 menit per 1 lembar resepPenyerahan dan pemberian Informasi Obat dan Konseling (PIO) : maksimal 15 menit per Pasien
4
Biaya/tarif
Tidak dipungut biaya
5
Produk Pelayanan
Penyedian obat racikan dan non racikan, pemberian informasi obat (PIO)
6
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
8. Standar Pelayanan Kasir
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Pasien Umum Lembar Retribusi
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Pasien atau keluarga mendatangi petugas kasir sambil menyerahkan lembar retribusiPetugas melakukan pengecekan billing dan nota pembayaranPenyelesaian administrasi pembayaran
3
Jangka Waktu Penyelesaian
5 menit
4
Biaya/tarif
Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN : tidak di pungut biaya
5
Produk Pelayanan
Pelayanan Kasir
6
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
9. Standar Pelayanan Ruang Tindakan
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Kondisi pasien darurat
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Pasien datangKeluarga pasien atau penanggung jawab mendaftarkan pasienPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pemeriksaan dan tindakan medis yang sesuaiApabila diperlukan, petugas merujuk pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus
4
Biaya/tarif
Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN : tidak di pungut biaya
5
Produk Pelayanan
Penanganan Kegawatdaruratan
6
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
10. Standar Pelayanan ruang MTBS/Anak
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Tersedianya Rekam Medis Pasien Lembar MTBS
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus, maksimal 30 menit
4
Biaya/tarif
Tidak Dikenakan Biaya
5
Produk Pelayanan
Pelayanan anak, status gizi, SDIDTK
7
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
11. Standar Pelayanan ruang Imunisasi
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Persyaratan Pelayanan
Tersedianya Rekam Medis Pasien Kartu caten/kartu imunisasi
2
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus, maksimal 30 menit
4
Biaya/tarif
Tidak Dikenakan Biaya
5
Produk Pelayanan
Pelayanan imunisasi
6
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup
12. Standar Pelayanan ruang VK (Ruang Bersalin)
Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3
Jangka Waktu Penyelesaian
Sesuai Kasus
4
Biaya/tarif
Tidak Dikenakan Biaya
5
Produk Pelayanan
Pelayanan persalinan Normal
6
Jam Pelayanan
Senin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup