Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

  1. STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN
NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananPengguna     layanan     (pasien)     datang     dengan membawa : Kartu identitas : KTP atau KKKartu Berobat Pasien (pasien lama)Kartu Jaminan Kesehatan (bagi yang memiliki)
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPasien BaruPasien datangPasien mengambil nomor antrianPasien melakukan pendaftaran melalui petugas di bagian pendaftaran dengan menunjukkan kartu identitas dan kartu jaminan (jika ada) Pasien mendaftar di  pendaftaran  dan memilih poli yang ditujuPasien menunggu panggilan poli   Pasien LamaPasien datangPasien melakukan pendaftaran melalui anjungan pendaftaran mandiri sesuai poli yang akan ditujuPasien mendapatkan nomor antrianPasien menunggu panggilan poli
3Jangka Waktu PenyelesaianPasien Baru :10 menit Pasien Lama:10 menit
4Biaya/tarifPasien Umum : tidak dipungut biayaBagi pasien pemegang jaminan kesehatan, biaya ditanggung penjamin (kecuali retribusi untuk pelayanan KIR dokter, tes buta warna, dan caten)
5.Jam Pelayanan PendaftaranSenin – Kamis : 07.30 – 12.00 WIB Jumat              : 07.30 – 11.30 WIB Sabtu               : 07.30 – 12.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup


2. Standar Pelayanan Humas / Pengaduan

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananAdanya pengaduan pelayanan melalui surat, kotak saran, telepon, email, SMS Center, Fb dan Instagram
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas membuka kotak saran sekali sebulanPetugas membuka telepon dan sms hotline setiap hariPetugas mencatat data pelaporan (nama, alamat dan nomor telepon jika ada) dan isi keluhan atau umpan balik pada buku registerPetugas melaporkan keluhan atau umpan balik kepada Tim Keluhan Pelanggan serta unit terkaitSemua jawaban yang telah disampaikan melalui SMS hotline, telepon, atau papan informasi dicatat di dalam buku registerKeluhan/aduan yang sudah ditindaklanjuti dipublikasikan pada papan pengumuman setiap 1 bulan sekali
3Jangka Waktu PenyelesaianMaksimal pengaduan1bulantergantungberat/ringan
4Biaya/tarifTidak Dikenakan Biaya
5Jam PelayananSMS, Email da Sosial Media : 24 jamTelepon dan Surat/kotak saran : Sesuai Jam Kerja

 

3. Standar Pelayanan Ruangan Umum

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas    memanggil    pasien    sesuai                 nomor antrianPetugas       memastikan       identitas       pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas menentukan diagnosisPetugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus, maksimal 15 menit
4Biaya/tariff  Tidak Dikenakan Biaya
5Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 13.30 WIB Jumat              : 08.00 – 10.00 WIB Sabtu               : 08.00 – 12.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup


4. Standar Pelayanan ruang KIA

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien Buku KIA/KMS Lembar ANC terpadu
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas      memastikan      identitas       pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus, maksimal 30 menit
4Biaya/tarifTidak Dikenakan Biaya
5Produk PelayananPelayanan KIA, KB, Imunisasi dan Kesehatan Reproduksi, Pelayanan caten
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

5.  Standar Pelayanan Poli Gigi

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananTersedia Rekam Medis Pasien Rujukan Internal
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas memanggil pasien sesuai nomor urutPetugas memastikan identitas pasien sesuai dengan rekam medikPetugas melakukan anamnesis dan pengukuran tekanan darahPetugas melakukan pemeriksaan sesuai keluhan pasienPemeriksaan odotogram, riwayat penyakit dan kroscek identitas untuk pasien baru, untuk pasien lama dilanjutkan pemeriksaan sesuai keluhanPetugas menentukan diagnose penyakitPetugas menentukan terapi/tindak lanjut yang sesuaiPetugas melakukan tindakan jika memang diperlukan, atau pemberian resep untuk pasien premedikasi
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
4Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN :  tidak di pungut biaya  
5Produk PelayananKonsultasi kesehatan gigi, pemeriksaan kesehatan gigi, tindakan tambal, cabut, scalling/pembersihan karang gigi
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

6.  Standar Pelayanan Laboratorium

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananSurat permintaan pemeriksaan laboratorium
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPasien datangPasien menyerahkan surat permintaan pemeriksaan laboratoriumPetugas mencatat data pemeriksaan pasien di buku registerPasien dipanggil sesuai nomor urutPetugas melakukan pengambilan sampel dan penerimaan sampelPasien menunggu hasil pemeriksaan, untuk pasien tanpa jaminan diminta untuk melakukan pembayaran di kasir terlebih dahuluProses pemeriksaan laboratoriumPenyerahan hasil kepada pasien untuk konsultasi ke yang merujuk
3Jangka Waktu PenyelesaianPemeriksaan Gula Darah/asam urat/Kolesterol: < 20 menitPemeriksaan spesien dahak: 3 hariPemeriksaan darah malaria: < 90 menitPemeriksaa tripel zero: < 30 menitPemeriksaan Rapid antigen : < 1 jamPemreiksaan Rapid antibodi: < 15 menit  
4Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN :  tidak di pungut biaya
5Produk PelayananHematologi, Urinalisis, HIV/AIDS, Syphilis, rapid Tes antibodi dan antigen covid 19
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

7.  Standar Pelayanan Farmasi

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananResep dari poli
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPasien menaruh resep di FarmasiPasien menunggu sampai dipanggil sesuai urutan kedatanganPetugas mengambil resep untuk dberi nomer urutPetugas melakukan screening resepPeracikan obatPenyerahan obat sesuai nomor urut disertai pemberian informasi atau konseling kepada pasien
3Jangka Waktu Penyelesaian (Bukan waktu tunggu dari pasien menyerahkan resep)Penyiapan Resep racikan : 10 menit per 1 lembar resepPenyiapan Resep non racikan : 5 – 10 menit per 1 lembar resepPenyerahan dan pemberian Informasi Obat dan Konseling (PIO) : maksimal 15 menit per Pasien
4Biaya/tarifTidak dipungut biaya
5Produk PelayananPenyedian obat racikan dan non racikan, pemberian informasi obat (PIO)
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

8. Standar Pelayanan Kasir

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananPasien Umum Lembar Retribusi
2Sistem, Mekanisme dan Prosedur  Pasien atau keluarga mendatangi petugas kasir sambil menyerahkan lembar retribusiPetugas melakukan pengecekan billing dan nota pembayaranPenyelesaian administrasi pembayaran    
3Jangka Waktu Penyelesaian 5 menit
4Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN :  tidak di pungut biaya  
5Produk PelayananPelayanan Kasir
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

9. Standar Pelayanan Ruang Tindakan

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananKondisi pasien darurat
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPasien datangKeluarga pasien atau penanggung jawab mendaftarkan pasienPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pemeriksaan dan tindakan medis yang sesuaiApabila diperlukan, petugas merujuk pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
4Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati Tebo No. 1 tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan MasyarakatPasien JKN :  tidak di pungut biaya  
5Produk PelayananPenanganan Kegawatdaruratan
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.30 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

10. Standar Pelayanan ruang MTBS/Anak

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien Lembar MTBS
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas      memastikan      identitas       pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus, maksimal 30 menit
4Biaya/tarifTidak Dikenakan Biaya
5Produk PelayananPelayanan anak, status gizi, SDIDTK
7Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

11. Standar Pelayanan ruang Imunisasi

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien Kartu caten/kartu imunisasi
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas     memastikan    identitas pasien   berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus, maksimal 30 menit
4Biaya/tarifTidak Dikenakan Biaya
5Produk PelayananPelayanan imunisasi
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup

12. Standar Pelayanan ruang VK (Ruang Bersalin)

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

NOKOMPONENURAIAN
1Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien Buku KIA/KMS Lembar ANC terpadu Lembar partograf
2Sistem, Mekanisme dan ProsedurPetugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas      memastikan      identitas       pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut
3Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
4Biaya/tarifTidak Dikenakan Biaya
5Produk PelayananPelayanan persalinan Normal
6Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 14.30 WIB Jumat              : 08.00 – 11.00 WIB Sabtu               : 08.00 – 13.00 WIB Minggu dan libur nasional Tutup